Baru 45 Hari Menjabat, Liz Truss Jadi PM Tersingkat dalam Sejarah Inggris

Baru 45 Hari Menjabat, Liz Truss Jadi PM Tersingkat dalam Sejarah Inggris

portal-rakyat.com – Liz Truss mengundurkan diri setelah 45 hari menjabat sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris. Liz Truss menjadi PM Inggris dengan masa jabatan paling singkat.

Dilansir BBC dan CNN, Kamis (20/10/2022) PM terpendek kedua adalah George Canning. Dia menjabat selama 119 hari sebelum meninggal di kantornya pada tahun 1827 silam.

Liz Truss membeberkan alasannya mundur. Truss mengakui tidak bisa melaksanakan mandat yang telah diberikan oleh Partai Konservatif.

“Namun saya mengakui, mengingat situasinya, saya tidak dapat menjalankan mandat oleh partai Konservatif yang telah memilih saya,” katanya.

Truss mengatakan dia telah mengajukan pengunduran dirinya kepada Raja Charles II. Dia menambahkan bahwa pemilihan PM Inggris baru akan berlangsung dalam waktu seminggu ke depan.

Mudurnya Truss menjadikan dia sebagai perdana menteri terpendek yang pernah ada di Inggris. Dia mundur usai 6 minggu atau 45 hari menjabat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://portal-rakyat.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://portal-rakyat.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

error: Content is protected !!