Jadi Bencana Terparah, Nigeria Laporkan Banjir Menelan Lebih dari 600 Korban Jiwa

Jadi Bencana Terparah, Nigeria Laporkan Banjir Menelan Lebih dari 600 Korban Jiwa

portal-rakyat.comPIKIRAN RAKYAT- Nigeria kini tengah diterpa banjir dan menjadi yang terparah dalam satu dekade karena menelan korban jiwa lebih dari 600 orang.

Data korban jiwa telah dirilis pada Minggu, 16 Oktober 2022 kemarin, imbas banjir yang terjadi membuat 1,3 juta warga mengungsi dari rumah mereka.

Melalui sebuah unggahan di Twitter, Kementerian Urusan Kemanusiaan Nigeria mengabarkan kondisi negaranya.

“Sayangnya, lebih dari 603 nyawa telah hilang pada hari ini 16 Oktober 2022,” kata Menteri Urusan Kemanusiaan Sadiya Umar Farouq.

Pada minggu lalu, pemerintah Nigeria merilis jumlah korban yang mencapai 500 orang, tetapi jumlahnya semakin bertambah.

Sang menteri mengatakan beberapa pemerintah di negara bagian dianggap tidak siap menghadapi banjir yang terjadi di Nigeria .

Umar Farouq mengungkapkan banjir juga telah menghancurkan lebih dari 82.000 rumah warga dan hampir 110.000 hektar pertanian.

Prakiraan musim hujan yang biasanya terjadi pada bulan Juni, tahun ini mengalami perbedaan curah hujan sangat tinggi terjadi sejak Agustus, kata Badan Penanggulangan Darurat Nasional (NEMA).

Pada tahun 2012 lampau, ada sebanyak 363 orang meninggal dan lebih dari 2,1 juta orang yang mengungsi akibat banjir .

Afrika Sub-Sahara secara tidak proporsional dipengaruhi oleh perubahan iklim, serta juga banyak ekonominya sudah berjuang dari efek dari perang Rusia-Ukraina.

Produsen beras telah memperingatkan bahwa banjir yang menghancurkan dapat berdampak pada harga di negara berpenduduk sekitar 200 juta orang itu.

Di mana aturan perihal impor beras dilarang untuk merangsang produksi beras masyarakat lokal.

Program Pangan Dunia dan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB mengatakan bulan lalu bahwa Nigeria termasuk di antara enam negara yang menghadapi risiko tingkat kelaparan yang tinggi.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://portal-rakyat.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://portal-rakyat.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

error: Content is protected !!