Virus Ebola Merebak, Presiden Uganda Minta Dukun Berhenti Obati Pasien Sakit

Virus Ebola Merebak, Presiden Uganda Minta Dukun Berhenti Obati Pasien Sakit

portal-rakyat.com – Presiden Uganda , Yoweri Museveni memerintahkan Mubende dan Kassanda untuk menerapkan lockdown .

Kedua distrik itu diketahui merupakan pusat wabah Ebola .

“Saya sekarang mengarahkan sebagai berikut: pergerakan sekarang masuk dan keluar dari distrik Mubende dan Kassanda sekarang dilarang,” kata Museveni.

Hal tersebut diucapkannya dalam pidato yang disiarkan melalui saluran televisi pada Sabtu, 15 Oktober 2022 waktu setempat.

“Jika Anda berada di distrik Mubende dan Kassanda, tinggallah di sana selama 21 hari,” tutur dia.

Selain itu, Museveni memerintahkan dukun untuk berhenti melakukan pengobatan dan perawatan terhadap orang-orang yang terpapar Ebola , guna menghentikan penyebarannya.

Namun di tengah lockdown tersebut, kendaraan seperti truk kargo masih diperbolehkan untuk beroperasi dan keluar masuk di kedua area tersebut.

Polisi juga setempat diminta untuk menangkap siapapun yang dicurigai tertular Ebola , dan mereka yang menolak isolasi.

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan Uganda melaporkan adanya 19 kematian dan 58 kasus yang sudah dikonfirmasi dari virus Ebola .

Kendati dilaporkan ada sepasang suami istri terkonfirmasi positif di sana.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://portal-rakyat.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://portal-rakyat.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

error: Content is protected !!