Abdul Latif Rashid Ditunjuk Jadi Presiden Baru Irak

Abdul Latif Rashid Ditunjuk Jadi Presiden Baru Irak

portal-rakyat.com – Anggota parlemen Irak menunjuk Mantan Menteri Abdul Latif Rashid sebagai Presiden pada Kamis, 13 Oktober 2022 waktu setempat.

Latif, yang berusia 78 tahun, terpilih dengan 162 suara dari 261 suara. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Menteri Sumber Daya Air dengan masa jabatan 2003 hingga 2010.

Setelah itu, dia kemudian menduduki jabatan sebagai penasihat kepala negara.

Sementara Presiden Barham Saleh harus menelan kekalahan dengan 99 suara. Dia pun segera keluar dari gedung parlemen setelah pemungutan suara.

Adapun penunjukkan tersebut menyusul adanya serangan roket , sekaligus mengambil langkah serius dalam mengakhiri kekosongan politik yang berpotensi melumpuhkan negara itu.Setidaknya sembilan roket menargetkan Parlemen Irak di Zona Hijau, yang sebenarnya dijaga ketat oleh pemerintah pusat.Peluncuran roket ke arah Parlemen Irak terjadi menjelang agenda penting, yakni saat anggota parlemen tengah membentuk pemerintah berikutnya di tengah krisis politik.

Sedikitnya lima orang terluka dalam insiden roket tersebut.

Menurut hukum di Iran, presiden harus meminta blok terbesar dari parlemen untuk mencalonkan perdana menteri. Sementara Irak memiliki parlemen dengan 329 kuris.

Sebagian besar terdiri dari partai-partai Syiah, dan telah menunjuk Mohammed Shia al-Sudani sebagai penunjuk utama.

Berdasarkan hukum yang berlaku, Latif diberi waktu 15 hari untuk mencalonkan seorang perdana menteri. Namun kuat kemungkinan dirinya akan mencalonkan al-Sudani.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://portal-rakyat.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://portal-rakyat.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

error: Content is protected !!