5 Tips Melatih Anak Berpuasa Selama Bulan Ramadhan, Saatnya Berikan Edukasi kepada Si Kecil

5 Tips Melatih Anak Berpuasa Selama Bulan Ramadhan, Saatnya Berikan Edukasi kepada Si Kecil

portal-rakyat.com – Berpuasa selama bulan Ramadhan merupakan suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh seluruh umat Muslim, terutama bagi mereka yang dalam keadaan sehat. Namun, amalan tersebut diwajibkan bagi anak – anak yang belum memasuki masa balig.

Kendati demikian, mereka tetap diperbolehkan untuk mengikuti ibadah puasa selama Ramadhan apabila mereka merasa siap untuk melakukannya. Sebagai orangtua, Anda dapat membantu memudahkan mereka untuk memahami dan menikmati pilar keempat Islam sebagai sebuah keluarga.

Dilansir Pikiran-rakyat.com dari Penny Appeal, berikut ini beberapa tips bagi orangtua untuk mempermudah anaknya dalam berpuasa selama Ramadhan dan membantu memupuk iman mereka.

Mengingat ibadah puasa selama bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi orang dewasa, maka Anda perlu memastikan bahwa anak Anda sudah siap dan mau mulai belajar cara berpuasa. Meski ada banyak anak yang mulai berpuasa pada usia 6 atau 7 tahun, tetapi perlu diingat bahwa kemampuan setiap anak berbeda.

Mengajari anak Anda tentang puasa adalah sesuatu yang seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan, sehingga mereka harus siap secara fisik dan menerimanya sebelum Anda mulai.

Cara terbaik bagi anak – anak Anda untuk belajar tentang puasa adalah dengan mencobanya sendiri. Ketika seorang anak mulai berlatih puasa, mereka belajar seperti apa rasanya dan mulai tahu apa yang diharapkan ketika puasa Ramadhan penuh pertama mereka datang.

Pastikan juga, Anda memberikan dukungan penuh selama proses ini sebagai orangtua. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika anak mulai berlatih berpuasa, seperti membangunkan mereka ketika sahur bersama keluarga, melewatkan waktu sarapan, atau mintalah mereka untuk menjauhkan diri dari salah satu makanan favorit mereka selama Ramadhan.

Sebagai orangtua, perlu mengajari anak tentang keutamaan puasa dan mengapa kita mengambil bagian di dalamnya selama bulan suci, sehingga memberikan pemahaman yang baik tentang tindakan tersebut dan memotivasi mereka untuk mulai berpuasa sendiri untuk Allah SWT.

Ketika anak Anda mencoba melakukan puasa selama beberapa jam atau sepanjang hari, berikan mereka dukungan melalui kekuatan verbal yang menunjukkan rasa bangga Anda terhadap pencapaian mereka.

Rayakan kesuksesan mereka dan dorong mereka untuk terus maju dengan menawarkan kata-kata pujian dan sedikit insentif untuk mempertahankannya.

Anak akan selalui menjadikan orangtuanya sebagai panutan mereka. Hal itu juga berlaku dalam melatih anak Anda untuk berpuasa. Tunjukkan kepada anak – anak Anda cara berpuasa dan tunjukkan kepada mereka mengapa Anda berpartisipasi dalam praktik ini sepanjang Ramadhan.

Mintalah mereka terlibat dalam mempersiapkan buka puasa atau sahur, sehingga mereka dapat mengikuti apa yang Anda lakukan.

Demikian lima tips yang bisa Anda lakukan kepada anak Anda yang ingin berlatih puasa selama bulan Ramadhan.***

error: Content is protected !!